Selasa, 22 November 2011

Wisata Kota Singkawang.


Yang saya hormati Dewan Juri
Yang saya banggakan rekan-rekan sekalian
Assalamualaikum wr.wb.
Selamat pagi & Salam Sejahtera untuk kita semua
Alhamdullillah atas izin Allah kita berkumpul kembali dalam rangka memperingati Bulan Bahasa.Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan materi dengan judul Wisata Kota Singkawang.
Hadirin-hadirat yang berbahagia
Singkawang merupakan destinasi wisata di Kalimantan Barat.Singkawang yang dikenal dengan sebutan Kota Amoi  mempunyai penduduk Multi Etnis,yang 70% penduduknya merupakan keturunan china dan selebihnya dayak,melayu dan suku lainya.Akses menuju singkawang relatif mudah dengan tersedianya berbagai kendaraan umum dari Pontianak didukung dengan jalan yang mulus menuju Singkawang dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam.
Kota Singkawang  sebagai daerah otonom merupakan pemekaran dari Kabupaten Sambas , terbentuk dan diresmikan pada tanggal 17 Oktober 2001. Letak Singkawang cukup strategis untuk menjadi tempat singgah dan beristirahat, karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas. Selain itu Kota Singkawang  memiliki alam yang indah karena berbatasan dengan Laut Natuna serta terdapat pegunungan dan sungai.
Sebagai daerah tujuan wisata yang masih dalam taraf perkembangan, potensi kepariwisataan Kota Singkawang memiliki daya tarik cukup kuat bagi kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara karena Kota Singkawang memiliki begitu banyak alternative pilihan wisata seperti wisata Pantai, wisata  bunga, kebun binatang dan wisata kuliner.
Memasuki kota Singkawang yang juga disebut kota Seribu Kelenteng kita akan disuguhi dengan ciri-ciri kota khas China,terlihat Ruko sederhana di sepanjang pinggir jalan,kelenteng bewarna mencolok & bangunan tua khas China.
Selain wisata tersebut yang selalu ramai dikunjungi setiap minggu, adapula wisata budaya yang sangat unik dan terkenal hingga keluar negeri yaitu Perayaan Cap Go Meh yang telah dikembangkan sebagai objek pariwisata untuk menarik wisatawan dosmetik maupun mancanegara. Perayaan ini dilaksanakan pada hari ke 15 terakhir masa perayaan imlek,  diramaikan dengan aksi tatung yang atraktif dan menarik.
Kayanya warisan budaya serta keanekaragaman etnis di Singkawang membuat Singkawang juga terkenal dengan wisata kuliner. Cita rasa dari penganan khas kota pesisir di Kalimantan Barat ini ternyata tidak kalah lezat dibandingkan makanan dari kota-kota lainnya di seantero Indonesia.
Hadirin Yang Berbahagia
Begitu banyak potensi wisata yang kita miliki. Apabila semuanya dapat dikelola dengan baik maka dapat meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah untuk kesejahteraan masyarakat Singkawang dan menurunkan angka kemiskinan.
Agar Potensi Wisata  diminati wisatawan perlu ditingkatkan efektivitas promosi dan pengembangan produk-produk wisata, serta meningkatkan sinergi jasa pelayanan pariwisata. Selain itu kita sebagai masyarakat kota Singkawang harus mendukung Kebijikan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan sektor pariwisata dengan menciptakan situasi yang kondusif sehingga terciptalah keamanan dan ketertiban lingkungan.

Sekian pidato dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf
Wasalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar